Kamis, 12 Mei 2016

K3 SOP - Standar Operational Prosedur

Hai Sahabat Blogger, kesempatan kali ini saya akan sharing materi tentang SOP dan K3. materi ini sangat dibutuhkan bagi orang yang sudah bekerja atau pun yang akan memasuki dunia kerja.

Pengertian 

Kesehatan dan keselamatan kerja (K3) adalah bidang yang terkait dengan kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah institusi maupun lokasi proyek.
  • Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial, dan ekonomis
  • Keselamatan adalah suatu keadaan aman, dalam suatu kondisi yang aman secara fisik, sosial, spiritual, finansial, politis, emosional, pekerjaan, psikologis, ataupun pendidikan dan terhindar dari ancaman terhadap faktor-faktor tersebut.
  • Kesejahteraan atau sejahtera Dalam istilah umum, sejahtera menunjuk ke keadaan yang baik, kondisi manusia di mana orang-orangnya dalam keadaan makmur, dalam keadaan sehat dan damai.
Tujuan K3 adalah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja. K3 juga melindungi rekan kerja, keluarga pekerja, konsumen, dan orang lain yang juga mungkin terpengaruh kondisi lingkungan kerja.

Kesehatan dan keselamatan kerja cukup penting bagi moral, legalitas, dan finansial. Semua organisasi memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa pekerja dan orang lain yang terlibat tetap berada dalam kondisi aman sepanjang waktu. Praktek K3 (keselamatan kesehatan kerja) meliputi pencegahan, pemberian sanksi, dan kompensasi, juga penyembuhan luka dan perawatan untuk pekerja dan menyediakan perawatan kesehatan dan cuti sakit. K3 terkait dengan ilmu kesehatan kerja, teknik keselamatan, teknik industri, kimia, fisika kesehatan, psikologi organisasi dan industri, ergonomika, dan psikologi kesehatan kerja.

Prosedur operasi standar, atau SOP, adalah satu set instruksi langkah-demi-langkah yang dibuat oleh sebuah bisnis untuk membantu pekerja melaksanakan operasi rutin. Tujuan mereka adalah untuk mencapai efisiensi. kualitas output dan keseragaman kinerja, sekaligus mengurangi miskomunikasi dan kegagalan untuk mematuhi peraturan industri.

Maksud & Tujuan 

maksud dan tujuan sharing materi tentang K3 dan SOP adalah agar kita mengerti standar keselamatan dalam bekerja dan mengurangi resiko kecelakaan dalam bekerja. sehingga sebagai pekerja kita bisa lebih produktif.

Alat & Bahan 

  • Koneksi Internet
  • PC/Laptop

Referensi 

https://id.wikipedia.org/wiki/Kesehatan_dan_keselamatan_kerja 

Hasil & Kesimpulan

hasil yang saya dapatkan dari materi ini adalah bahwa keselamatan kerja sangatlah penting dan sosialisasi tentang k3 bagi para pekerja mutlak diperlukan karena untuk menghindari resiko kecelakaan dalam bekerja. mengetahui SOP dalam pekerjaan pun juga sangat perlu dilakukan agar kita bisa lebih produktif dalam bekerja dan. pada saat bekerja kita harus tahu SOP dan tidak boleh melupakan hal teknis dalam bekerja.
  
"Bertanyalah sebanyak-banyaknya dari pada anda tidak tahu apa - apa"

0 komentar:

Posting Komentar