Sabtu, 07 Mei 2016

 Hai sahabat blogger kembali lagi dengan saya, kali ini saya akan melanjutkan tutorial tentang PHP OOP mengenai 3 sifat OOP.

Pengertian 

1. Enkapsulasi (encapsulation) adalah sebuah metoda untuk mengatur struktur class dengan cara menyembunyikan alur kerja dari class tersebut.      Struktur class yang dimaksud adalah property dan method. Dengan enkapsulasi, kita bisa membuat pembatasan akses kepada property dan method, sehingga hanya property dan method tertentu saja yang bisa diakses dari luar class. Enkapsulasi juga dikenal dengan istilah ‘information hiding’.
Tiga hak akses pada Enkapsulasi :
     a. Protected :  Jika sebuah property atau method dinyatakan sebagai protected, berarti property atau method tersebut tidak bisa diakses dari luar class, namun bisa diakses oleh class itu sendiri atau turunan class tersebut.
     b. Public : Ketika sebuah property atau method dinyatakan sebagai public, maka seluruh kode program di luar class bisa mengaksesnya, termasuk class turunan.
     c. Private : Hak akses terakhir dalam konsep enkapsulasi adalah private. Jika sebuah property atau method di-set sebagai private, maka satu-satunya yang bisa mengakses adalah class itu sendiri. Class lain tidak bisa mengaksesnya, termasuk class turunan.

2. Inheritance atau Pewarisan/Penurunan adalah konsep pemrograman dimana sebuah class dapat ‘menurunkan’ property dan method yang dimilikinya kepada class lain. Konsep inheritance digunakan untuk memanfaatkan fitur ‘code reuse’ untuk menghindari duplikasi kode program.

3. Dari segi bahasa, Polimorfisme (bahasa inggris: Polymorphism) berasal dari dua kata bahasa latin yakni poly dan morph. Poly berarti banyak, dan morph berarti bentuk. Polimorfisme berarti banyak bentuk (wikipedia).
    Di dalam pemrograman objek, polimorfisme adalah konsep dimana terdapat banyak class yang memiliki signature method yang sama. Implementasi dari method-method tersebut diserahkan kepada tiap class, akan tetapi cara pemanggilan method harus sama.

Latar Belakang

belajar sifat - sifat yang dimiliki bahasa pemrograman PHP OOP.

Alat & Bahan

  • koneksi internet
  • laptop/pc
  • sublime

Maksud & Tujuan

maksud dan tujuan utorial ini adalah untuk memberikan pengertian tentang sifat - sifat yang dimiliki oleh OOP.

Tahap Pelaksanaan

1. contoh script enkapsulation
a. hak akses private :
hasil jika dijalankan pada browser :
  b. contoh script enkapsulation hak akses public :


hasil jika dijalankan pada browser :
 c.contoh script enkapsulation hak akses protected.

 Hasil jika dijalankan pada browser :

2. contoh script inheritance.
 hasil jadi jika dijalankan pada browser :
3. contoh script polimorfisme
 Hasil jadi jika dijalankan pada browser :
   

Referensi

www.duniailkom.com
wikipedia

Hasil & Kesimpulan

hasil dan kesimpulan dari tutorial ini adalah pada pemrograman PHP OOP memiliki 3 sifat yang melekat padanya, dan pada setiap sifat memiliki konsep masing ", namun kali ini saya masih belum memahami ke-3 sifat OOP. dan pada pemrograman PHP OOP ini membutuhkan ketelitian karena ketika saya mencoba membuat script baru pada sifat public,private,protected kurang tanda kurung kurawal tutup dan titik koma program tidak mau muncul.
Sekian sharing materi kali ini semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar