Jumat, 22 April 2016

PPDB Online 2

Selamat malam kali ini saya akan memberikan tutorial untuk mebuat PPDB Online part.2, pada tahap kali ini saya membuat proses edit,delete,favicon,
halaman profil SMK dan menambahkan chat pada website. untuk membuatnya sedikit rumit khususnya pada proses CRUDnya, sudah 2 hari saya mencoba membenahi CRUDnya namun belum bisa dan kemudian saya meminta bantuan kepada teman saya Erma Tiana
Berikut Proses Membuatnya.

1. Form Edit data.
untuk mebuat form edit data saya menggunakan sintax html,css. untuk prosesnya memakai sisten CRUD.
form edit data :
pada bagian dokumen paling atas kita tambahkan script seperti dibawah ini.
fungsi script error_reporting(E_ALL); ini_set('display_errors', 1) diatas adalah untuk menampilkan error jika program mengalami kesalahan. sedangkan include 'koneksi.php' untu memanggil koneksi ke database.
script css diatas untuk menentukan style form edit data.
script diatas untuk memanggil data yang tersimpan didatabase agar dapat diedit.


contoh script untuk formnya, dalam script ini terdapat value nah value ini adalah variable untuk memanggil data yang sudah tersimpan didatabase kita.
Proses Edit Data


 pada saat membuat sistem untuk edit ini , terdapat kesalahan dalam scriptnya yaitu include 'edit.php' yang seharusnya tidak perlu untuk dimasukkan.
hasilnya :

jika berhasil maka secara otomatis data akan tersimpan secara otomatis. seperti contoh diatas, namun untuk alamat dan prestasi masih belum amu muncul karena type-nya text.

2. Membuat Favicon website.
Favicon adalah icon yang biasanya muncul di title web,  berikut script untuk membuat favicon. script ini di letakkan di bagian <head></head>
hasilnya :

3. Membuat proses delete.
proses delete :
hasilnya :
 tampilan diatas adalah data semula, dan jika proses hapunya berhasil maka data akan berkurang dan tampak seperti dibawah ini.
4.Menambahan chat pada website.
untuk menambahkan chat pada website adalah pertama kita daftar dulu zopim (caranya bisa dilihat di postingan saya sebelumnya Tutorial Daftar Zopim)
kemudian copy script bawaan zopim ke website anda seperti ini dibagian body.
kemudian buka web anda maka akan muncul widget pesan seperti ini.
dengan demikian mode chat sudah siap digunakan.
5. Halaman Profil
untuk membuat halaman profil tetap menggunakan template yang sama namun isinya saja yang berbeda.

Source Code :


Sekian Postingan saya Kali ini semoga Bermanfaat bagi semuanya.


0 komentar:

Posting Komentar