Sabtu, 11 Juni 2016

Hallo sahabat blooger kali ini saya akan melanjutkan bagaimana cara membuat perpustakaan online sederhana, pada kesempatan kali ini saya akan membuat form login admin. berikut langkah - langkahnya :

Alat & Bahan
  • PC/Laptop yang sudah terinstal LAMP Server
  • Text editor
  • web browser
Maksud & Tujuan
belajar fungsi login dan melanjutkan project membuat perpustakaan online sederhana

Tahap Pelaksanaan
pertama kita akan membuat tabel user dimana disitu menampung data user/admin perpustakaan. selanjutnya kita akan membuat 3 file yaitu
1. struktur tabel user


 2. file login.php
hasilnya

3. file cek_login.php
4.file logout.php
 
pada halaman index.php kita tambahkan script dibawah ini


kemudian jika berhasil jika kita login dengan menggunakan email dan password yang telah terdaftar maka kita akan masuk ke halaman index.php, sebenarnya saya ingin membuat jika sebelum masuk ke halaman index kita harus login terlebih dahulu namun karena sessionnya tidak berhasil jadi saya menggunakan htaccess untuk mengatur agar saat kita masuk pertama kali yang muncul adalah halaman login.php caranya sebagai berikut :
1. buat file dengan nama .htaccess dan isikan script dibawah  ini

penjelasan sedikit tentang script diatas:
RewriteEngine On digunakan untuk mengaktifkan .htaccess
DirectoryIndex login.php digunakan untuk memunculkan halaman awal yaitu login.php

 Referensi
www.onlinetuting.com

Hasil & kesimpulan
untuk membuat sebuah program yang sempurna tidaklah mudah dibutuhkan pengetahuan yang cukup dan dibutuhkan pemahaman yang mendalam.
sekian sharing dari saya , semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar