Jumat, 03 Juni 2016

Pengenalan & Instalasi Framework Laravel


Hai sahabat blogger pada kesempatan kali ini saya akan sharing materi tentang frame work laravel.

pengertian

Laravel adalah framework PHP dengan kode terbuka (open source) dengan desain MVC (Model-View-Controller) yang digunakan untuk membangun aplikasi website. Framework ini pertama kali dibangun oleh Taylor Otwell pada tanggal 22 Pebruari 2012.

Kelebihan pertama dengan adanya framework akan lebih mempermudah memahami mekanisme kerja dari sebuah applikasi. Ini akan sangat membantu proses pengembangan system yang dilakukan oleh team. Semua anggota di wajibkan untuk memahami dari pola kerja framework tersebut, selebihnya anggota team hanya mempelajari proses bisnis yang di kehendaki oleh system untuk kemudian di tuangkan kedalam framework tersebut. Dalam artian setiap orang harus mempunyai metode yang sama dalam menyelesaikan applikasi tersebut.

Kedua dengan memakai framework akan menghemat waktu pengerjaan suatu applikasi, karena setiap anggota sudah memiliki sebuah acuan dalam menyelesaikan modul. Dalam hal ini misalnya semakin banyak library yang ada semakin mempercepat anggota untuk menemukan solusi karena tidak setiap anggota harus membuat Class atau fungsi untuk kasus yang relatif sama.
Berikutnya Team tidak akan di susahkan dengan adanya perputaran anggota, jadi jika ada anggota yang tidak bisa melanjutkan lagi pekerjaannya, anggota yang lain bisa meng-cover kekosongan tersebut. Bayangkan jika setiap modul yang dikembangkan mempunyai logika yang berbeda tentunya akan memakan waktu yang banyak untuk proses pemahan akan system tersebut.
Kesekian-kalinya dengan adanya framework akan menjaga integritas dari modul-modul yang dikembangkan. Hal ini juga tergantung dari metode yang dikembangkan sendiri. framework hanya membantu dan memungkinkan/mempermudah proses integrasi, tidak berarti dengan adanya framework system otomatis akan ter-integrasi. Dan masih ada kelebihan-kelebihan lain yang dimiliki oleh framework.
Kekurangan framework sejauh ini belum ada tapi pemilihan framework yang salah akan menjadi bencana.
 

Alat & Bahan
  • PC/Laptop yang sudah terinstal LAMP Server
  • Koneksi internet
  • Tutorial install Laravel

Maksud & Tujuan
Sharing materi ini bermaksud untuk mengenalkan framework laravel dengan tujuan dapat menggunakan framework laravel untuk membuat sebuah website dengan mudah. 

Tahap Pelaksanaan
untuk menginstall laravel kita harus menginstal composer terlebih dahulu, composer adalah dependency laravel jadi composer bukalah sebuah framework. berikut cara untuk install composer :
1. kita masuk ke terminal dan ketikkan
          sudo su
kemudian diikuti dengan memasukkan password komputer.
2. sebelum kita install composer, kita harus menginstall curl terlebih dahulu. untuk menginstal curl cukup kita ketikkan perintah seperti dibawah ini.

3. kemudian langkah selanjutnya kita install composernya. dengan perintah

           curl -sS https://getcomposer.org/installer | php

hingga muncul gambar seperti dibawah ini.


3. langkah berikutnya kita pindahkan file composer.phar ke usr/local/bin/composer . dengan perintah dibawah ini


4. kemudian kita pindah ke directory /var/www/html

              cd /var/www/html
5. setelah itu kita install laravelnya dengan perintah dibawah ini


note : proses instalasi berlangsung cukup lama.

6. setelah proses install selesai kita masuk ke browser dan ketikkan localhost/laravel jika berhasil akan muncul tampilan seperti ini

 namun jika hanya halaman kosong kita harus memberi hak akses terlebih dahulu pada folder storage dengan perintah seperti dibawah ini.

              chown -R www-data:www-data storage/
atau dengan
              chomod -R o+w storage
namun saya lebih memilih menggunakan chown. setelah diberi hak akses kita kembali ke browser lalu refresh maka halaman yang kosong akan berganti menjadi halaman seperti gambar diatas.
Referensi
pengenalan-framework-laravel
Video sekolah koding [Laravel]
https://laravel.com
https://getcomposer.org

Hasil & kesimpulan
instalalsi framework laravel cukup mudah namun juga harus teliti dan sabar karena prosesnya cukup lama.
sekian sharing materi dari saya semoga bermanfaat , selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar